Sabtu, 18 Agustus 2012

Honda Vario dan Evolusinya

Oke kali ini kita membahas tentang Honda Vario yang termasuk salah satu motor terlaris di Indonesia. Motor yang launching pada tahun 2007 ini merupakan motor yang sangat digemari oleh kaum hawa maupun adam. bagaimana tidak? kita sering melihat di jalan banyak yang mengendarai motor ini. apalagi bergaya motor Touring ( Lohh?? matic kok di jadiin touring?.  hehehe :p ) yaap touring.. saya sendiripun tidak tahu apa alasan para bikers kenapa motor matic ini di jadikan motor touring, mungkin ada rasa sensasi tersendiri jika motor ini di jadikan motor touring :)

Jika anda Ingin bergabung silahkan click di Honda Vario Club (HVC) hondavarioclub.com

nahh Kita balik lagi ke awal pembicaraan tentang motor matic ini.


1. Honda Vario CW (2007-sekarang)

Inilah dia Vario yang di sebut-sebut sebagai motor paling greess abad ini. bagaimana tidak? saat launching perdananya masyarakat sangat antusias menyambut motor matic pintar ini. (loh kok pintarr?) yaap. Jika kita menggunakan standar miring mesin motor jika dinyalakan/starter mesin tidak akan hidup. Inilah keunggulan motor ini dan di harapkan kecelakaan pada standar miring tidak akan terjadi lagi, trobosan Honda yang harus diberi pujian. Selain itu motor ini menggunakan sistem CBS (Combo Brake System) yaitu sistem pengeremanan seperti rem tangan yang ada di mobil. (kalo orang bilang rem mati.) Sistem ini berada pada handle rem sebelah kiri. Mesin pada motor ini menggunakan kapasistas 108 cc dengan tipe mesin 4 langkah , SOHC pendingin cairan (apaan sih tuh? :p ) Rem depan menggunakan Cakram dan Rem belakang menggunakan Tromol.

Eits tunggu dulu. akan saya ceritakan kelemahannya menurut saya.

Dalam sistem pengereman rem belakang yang masih menggunakan tromol, hal ini sangatlah kuno. Para konsumen mengharapakan ada perubahan pada matic yang akan datang yaitu menggunakan sistem pengereman cakram. yaa kita tunggu saja.

Saat menggunakan starter suara starter sangatlah kasar. Hal ini juga kurang bisa di mengerti bagaimana suara starter tersebut menjadi kasar? seperti motor yang tidak di rawat oleh pemiliknya. Memaang ini hal sepele namun bagi saya tidak bisa di sesuaikan suara yang starter yang kasar dengan motor yang sangat gress ini. yaa mudah-mudahan ini bisa diatasi oleh Honda.

Getaran motor yang masih sangat berasa dan banyak keluhan para rider yang menggunakan motor ini tangan mereka sangat pegal sekali. Mungkin efek dari getaran tersebut.
Kita harapkan motor ini menjadi motor yang lebih baik untuk selanjutnya. :)
Untuk harga Motor ini? tenang aja masih 14jt an kok pemirsahh :D






2. Honda Vario Techno PGM-FI (2010-sekarang)

Bagaimana menurut anda pada motor vario diatas?? Body yang kekar dan sporty serta perubahan sana sini yang sangat heboh namun enak di lihat dan inilah motor hasil saran dari masyarakat Indonesia. Loohh kok begitu? bagaimana tidak? Generasi terbaru Honda Vario ini mengusung starter ACG. Proses menyalakan mesin bisa dilakukan tanpa suara!(wihhh mantepp)
tidak hanya itu saja pembukaan tuas jok yang berada di kunci kontak (aplikasi ini seperti Yamaha Nouvo yang terakhir)  mesin yang sudah 125ccc dan matic ini sudah menggunakan sistem injection  dan lebih irit. Bagaimana tidak? Tangki bahan bakarnya yang sudah mencapai 5,5 liter. Artinya dengan konsumsi bahan bakar 52,1 km/liter, sekali isi full tangki bisa dipakai berkendara hingga 286,55 kilometer! ckckck ( tapi nge-gasnya jangan Asal-asalan yee :p)
sistem pengereaman depan menggunakan sistem cakram hidrolik dan belakang masih menggunakan tromol . ckckck padahal saya pribadi ingin motor ini menggunakan sistem cakram hidrolik (kayak mau beli aja lo min. :p )
yaapp motor ini di bandrol dengan harga 15.9 jt an kok. ( yaaa itung-itung Rp 16.000.000,- lahhh :D )


sumber : otomotifnet.com
              astra-honda.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar